translite

English French German Spain Italian Dutch

Russian Brazil Japanese Korean Arabic Chinese Simplified
Translate Widget by Google
Diberdayakan oleh Blogger.
RSS

You can replace this text by going to "Layout" and then "Page Elements" section. Edit " About "

Ikan Goreng Ternyata Penyebab Stroke

IKAN goreng dipadu lalapan dan sambal, hmmm, menu lezat yang sulit ditolak. Masyarakat Indonesia pasti sudah akrab dengan menu itu. Tapi, menu itu ternyata tak sehat lho. Bahkan, ikan goreng berpotensi meningkatkan risiko stroke.

----------------------------------------
Ikan memang sumber protein tinggi yang dibutuhkan kesehatan tubuh dan otak. Tapi, bukan ikan goreng. Sebuah penelitian di Amerika Serikat menemukan kasus stroke tinggi terjadi karena ikan goreng. Temuan itu diungkap setelah meneliti kesehatan masyarakat Carolina, Arkansas, dan Lousiana. Di tiga negara bagian itu, warganya rutin mengonsumsi ikan goreng.

Berdasarkan pengamatan, 32 persen penduduk di wilayah tersebut mengonsumsi ikan goreng dua kali sepekan atau lebih. Intensitas itu lebih tinggi daripada konsumsi warga di daerah lain di Negeri Paman Sam.

Stroke terjadi akibat pembuluh darah yang memasok nutrisi ke otak terhambat. Sehingga pembuluh darah jadi tersumbat. Kondisi itu membuat sel saraf yang membutuhkan oksigen mati. Selain itu, semua faktor yang meningkatkan risiko penyakit jantung, seperti hipertensi dan kolesterol tinggi, juga dapat memicu stroke.

Peneliti menemukan peningkatan stroke dengan kebiasaan warga yang mengonsumsi ikan goreng. Menurut Dr. Fadi Nahab, direktur program stroke di Emory University Hospital, pengolahan dengan cara menggoreng akan membuat ikan kehilangan manfaatnya dalam pencegahan stroke.

Pernyataan itu pun pernah dibuktikan di Spanyol. Peneliti menemukan ikan goreng kehilangan kandungan lemak tak jenuh. Asam lemak omega-3nya hilang dan berganti menjadi lemak tidak sehat.

Hilangnya kandungan asam lemak omega-3 ini terutama terjadi pada ikan laut seperti salmon. Sementara untuk jenis ikan lainnya, penurunan kandungan omega-3 tidak banyak.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar

Terima kasih anda sudah mengunjungi blog saya ( Thank you for visiting my blog ) "sorry this blog is under construction"

Your IP

Sign by Danasoft - Get Your Free Sign

you are near

Sign by Danasoft - Get Your Free Sign

Flag

free counters

Pages

IP

friend connect

Followers